Site icon Go Cheers | Informasi Teknologi Indonesia Terbaru dan Terupdate

Suara mesin slot dapat memanipulasi pemain

Baik Anda berada di Las Vegas atau kasino kota kecil di ujung jalan, suara mesin slot kurang lebih sama: musik yang berdenting, desiran gulungan yang berputar disertai bunyi bip dan lonceng yang keras.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa suara tersebut dapat dengan mudah menipu otak kita hingga berpikir bahwa kita telah menang — bahkan ketika kita benar-benar kehilangan uang.

“Seperti cara mesin slot dirancang, suara merupakan komponen yang sangat penting dari umpan balik pemain,” kata penulis utama dan ahli saraf perilaku Michael J. Dixon dari Universitas Waterloo di Ontario.

Karena efek suara yang menggembirakan selalu dikaitkan dengan kemenangan atau bahkan kekalahan sebagian — “kekalahan yang disamarkan sebagai kemenangan,” Dixon menyebutnya — efek suara tersebut bertindak sebagai penguatan positif dan dapat mendistorsi persepsi kita tentang uang yang hilang.

Katakanlah Anda bertaruh $1 untuk satu putaran pada mesin slot https://nearsouthstudios.com/ video modern. Jika Anda berhasil mendapatkan kombinasi pemenang dan menang $5, Anda akan diberi hadiah berupa animasi berkedip dan jingle kemenangan yang dibuat untuk memberi Anda rasa keberhasilan.

Di sisi ekstrem lainnya, saat Anda tidak menang apa pun, mesin akan diam tanpa lampu atau musik. Mesin akan tetap diam di sana, menunggu Anda bermain lagi.

Yang perlu diperhatikan adalah, meskipun Anda hanya menang sebagian dari taruhan Anda — misalnya, 25 sen dari dolar yang Anda masukkan — mesin akan tetap mengeluarkan suara gembira dan semacamnya, mirip seperti saat Anda benar-benar menang. Jadi, meskipun Anda benar-benar kalah, Anda akan merasa seperti pemenang.

Tim ilmuwan Dixon meminta 96 penjudi memainkan simulator mesin slot dengan dan tanpa suara dan memprogramnya untuk menang tepat 28 kali dari total 200 putaran. Setelah itu, mereka bertanya kepada pemain berapa kali mereka menang dari 200 putaran.

Untuk kedua kondisi tersebut, pemain melebih-lebihkan jumlah kemenangan mereka, tetapi jauh lebih banyak saat suara menyala.

Dixon mengatakan permainan ini — khususnya slot multiline yang memungkinkan taruhan pada beberapa baris dan kombinasi pada satu putaran — bisa sangat rumit sehingga sering kali orang akan mengandalkan mesin untuk memberi tahu mereka apakah mereka menang atau kalah melalui suara dan lampu. Jadi mereka akan mendengarkan suara-suara itu sebagai isyarat dan berpikir bahwa mereka telah menang — apa pun hasil sebenarnya.

“Saya tidak berpikir [slot] adalah arena bermain yang setara,” kata Dixon, seraya menambahkan bahwa ia merasa manipulasi mesin slot membingungkan.

Temuan tersebut dipublikasikan secara daring pada hari Selasa di Journal of Gambling Studies.

Dixon, bersama dengan ilmuwan komputer Kevin A. Harrigan, juga dari University of Waterloo, membentuk Gambling Research Lab setelah Harrigan memperoleh dokumen desain untuk mesin slot. Melalui analisis matematika dan algoritma komputer yang mendasarinya, mereka menyadari betapa menipunya mesin tersebut dengan mendorong perilaku yang tidak rasional dan memberi pemain ilusi kendali.

Dalam studi sebelumnya, mereka menggambarkan “hampir celaka” yang telah diprogram sebelumnya, atau yang disebut Harrigan sebagai “Efek Awww Shucks.” Ini terjadi ketika, misalnya, Anda memutar dan dua gulungan cocok dengan simbol bayaran tinggi, dan gulungan terakhir berhenti tepat di atas atau di bawah simbol yang sama.

Harrigan menemukan bahwa mesin modern tertimbang untuk mencapai hampir menang jauh lebih sering daripada jika peluangnya benar-benar acak. Hampir menang membuat pemain merasa seolah-olah mereka hampir memenangkan jackpot besar dan bahwa jika mereka bermain lebih lama, mereka akan menang. Mesin slot direkayasa untuk memancing emosi yang persis seperti itu.

Mereka juga melihat apakah efek suara lebih terasa pada mereka yang memiliki masalah perjudian. Sementara mereka menemukan “petunjuk” yang mengarah ke kesimpulan itu dalam data, Dixon mengatakan bahwa suara umumnya tampaknya memengaruhi pemain secara keseluruhan — baik penjudi maupun bukan penjudi.

Dixon menggambarkan tingginya insiden depresi di antara mereka yang kecanduan slot. Dia mengatakan pecandu menggunakan slot sebagai bentuk pelarian.

“Pemain menyebutnya sebagai ‘masuk ke zona’,” katanya, mengutip sifat slot yang tak henti-hentinya dan menghipnotis. Pemain dapat menekan tombol putar setiap beberapa detik dan berjudi berkali-kali per menit, sedangkan dalam bentuk perjudian lainnya mereka harus menunggu lebih lama di antara permainan.

Exit mobile version